Install Driver Wireless Broadcom di Debian/Crunchbang

Saya sempat kebingungan tadinya setelah menginstall Crunchbang 11 yang berbasiskan Debian 7, masalahnya wifi di laptop saya tidak langsung terdeteksi seperti ketika memakai Ubuntu beberapa waktu yang lalu. Usut punya usut, ternyata kawan saya yang kesehariannya menggunakan Debian juga mengatakan hal serupa, bahwa memang Debian ini agak riweuh untuk sinkronisasi hardware secara otomatis.

Yaudin, karena konektivitas itu penting bagi saya, apalagi wifi, akhirnya inilah yang saya lakukan agar wireless di laptop dapat hidup dan berfungsi sebagaimana mestinya.

1. Anda perlu koneksi lain agar dapat menginstall module-module wireless driver seperti LAN atau modem GSM. Setelah siap, lanjut poin 2

2. Hal pertama yang harus diketahui adalah driver wireless yang ada di PC/Laptop anda. Cek dengan perintah di terminal (ke root dulu) : # lspci

 lspci

3. Driver wireless di laptop saya bukan bawaan Intel, melainkan Broadcom Corporation BCM4313 802.11b/g/n Wireless LAN Controller (rev 01) . Sedangkan untuk anda yang menggunakan driver Intel, anda bisa mengecek di sini (silahkan cek serinya) : Intel Wireless Driver

4. Oke, Lanjut ke permasalahan saya, buka dan edit source list di : # nano /etc/apt/sources.list

5.  Tambahkan baris ini di line terakhir, lalu save kembali :

# Debian 7 "Wheezy"
deb http://http.debian.net/debian/ wheezy main contrib non-free

6. Update kembali paket yang ada : # apt-get update

7. Install linux header dan paket drivernya : # apt-get install linux-headers-$(uname -r|sed ‘s,[^-]*-[^-]*-,,’) broadcom-sta-dkms

8. Unload module : # modprobe -r b44 b43 b43legacy ssb brcmsmac

9. Load kembali wl module : # modprobe wl

updatepackage

10. Setelah selesai, periksa kembali status wireless anda, dan set statusnya ke up jika masih down : # ip a # iwconfig # ip link set wlan1 up ——————-[ wifi saya berada pada device wlan1 ]

wifi

11.  Seharusnya bila tidak ada masalah, WiFi anda akan langsung bekerja seperti gambar di atas. Nah, namun bila yang muncul seperti gambar di bawah ini, maka ikuti langkah berikut :

# apt-get install rfkill ———————–[ rfkill adalah tool untuk enabling dan disabling wireless devices ] # rfkill unblock all ——————————————[ panggil perintah untuk enable wireless devices ] # rfkill list all ————————-[ ini adalah perintah untuk melihat status devices terakhir ]

Screenshot - 09232014 - 03:19:09 AM

12. Binggo! 🙂

wlanactive

