GENYMOTION, Emulator Android di Debian [Chapter 2:Konfigurasi]

Di #Chapter:1 kita telah membahas proses installasi genymotion. Ada yang bilang Genymotion itu Emulator Android yang super cepat dan reliable. Entah dari mana mulainya, ya masing-masing user punya review sendiri. Sedangkan menurut saya, ya… itulah! 🙂

Oke, pada tahapan selanjutnya di #Chapter:2 ini kita akan memulai konfigurasi genymotion. Langsung saja, ikuti cara-cara di bawah ini :

1. Pastikan anda sudah mengikuti dan melalui tahap demi tahap di #Chapter:1 Installasi, karena untuk menjalankan Genymotion, seharusnya penjelasan tersebut sudah termaktub (baca:tergores) di #Chapter:1 step terakhir 🙂

2.  Akan tampil jendela Genymotion yang siap anda konfigurasi seperti gambar di bawah ini. Bila kolom “Your virtual devices” masih kosong, berarti anda belum memiliki virtual devices atau dalam kata lain, anda belum punya smartphone (baca:hp).  Klik “Add” >> “Yes” untuk mulai menambahkan virtual device atau dalam arti lain biar punya hp hehehe.

genymotionopen

connectgenymotion

3. Jika anda sudah terdaftar, silahkan isi username/e-mail dan password untuk dapat mengaktifkan Genymotion anda lalu klik “Connect” dan “Next” untuk melanjutkan konfigurasi.

4. Lanjut pilih versi Android yang ingin di install ke dalam device anda. Silahkan sesuaikan sendiri lalu klik “Next” untuk melanjutkan.

chooseandroid

5. Pada sample ini saya menggunakan device HTC One dengan versi Android Jelly Bean yang terakhir 4.3 (mungkin?!). Ukuran layar 1080×1920 (ini nantinya bisa di custom dengan cara resize window). Lanjut kembali dengan menekan tombol “Next” atau “Cancel” untuk kembali ke pemilihan device dan OS.

 nameitgenymotion

6. Gambar di bawah ini adalah tahapan di mana Genymotion sedang dalam proses installisasi. Tekan “Finish” bila proses telah berakhir.

process

7.  Setelah selesai proses installasi, anda akan melihat device yang baru saja di buat tadi ada di dalam kolom “Your virtual devices”. Klik 2x pada device name tersebut atau klik tombol “Play” atau dapat juga menekan tombol kombinasi pada keyboard “CTRL+L”

running genymotion

8. Secara otomatis, Virtualbox akan membagi kinerja antara Genymotion dengan current apps di belakang layar. Mungkin, anda bisa mengaturnya di Virtualbox untuk set RAM atau CPU ratenya agar lebih ramping lagi. Dan sekali lagi secara otomatis (seharusnya), profile di virtualbox juga sudah terbuat dengan sendirinya.

donegenymotion

genymotionvbox

9. Done. Android (emulator) anda sudah dapat digunakan!


Nb : Pada bahasan berikutnya  di #Chapter 3 saya akan share sedikit trik agar anda dapat menginstall Whatsapp, BBM, Line, dan berbagai aplikasi lainnya di Genymotion ini. 

Advertisements