Reset Root Password di Debian

Siang ini saya ingin backup data dari Ubuntu ke Debian, namun karena Login User Debian-nya di password oleh kawan saya sehingga saya pun sulit untuk masuk ke systemnya. Setelah merayu-rayu, dia pun mengijinkan saya untuk merubah root password systemnya, namun tanpa memberitahu password login miliknya (Huh!). Jadi inilah yang saya lakukan agar saya bisa masuk ke systemnya dengan root yang sebelumnya di kunci.

Pada case ini (Debian Wheezy), Boot Loader saya menggunakan GRUB. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mereset password root :

  1. Sebelum masuk booting system, akan tampil grub menu, stop counting prosesnya dengan menekan sembarang tombol

IMG_20140908_151142

  1. Select kernel, pilih paling atas (bukan recovery mode). lalu tekan “e” pada keyboard untuk edit entri
  2. Setelah masuk ke entri mode, pilih kernel entri yang kata pertamanya “Linux” dan kata terakhirnya “Single” atau “Quiet“, lalu tekan “e” lagi untuk edit entri.

IMG_20140908_151238

Pada gambar di atas, ada dot berwarna hijau. Nah,

  1. Arahkan kursor setelah kata “quite” atau line kernel tersebut lalu ketik “init=/bin/bash” (tanpa tanda kutip). kemudian tekan “CTRL+X” atau “F10” untuk booting Linux Kernel ke Single Mode

Akan muncul tampilan prompt/terminal, masukan command ini (command dengan warna hijau):

IMG_20140908_151951

  1. mount -rw -o remount / untuk remount dengan write access