Ini Alasan Kenapa Iklan di Facebook Sesuai dengan Minat Anda

Anda tahu iklan di sidebar Facebook? Ngerasa gak, kalo iklan itu terkadang sesuai dengan apa yang sedang kita cari atau bahkan sesuai dengan kegemaran kita? Misalnya, saat ini saya sedang suka mengoleksi kaos bola, tiba-tiba begitu buka halaman facebook, iklan di sidebar seolah tahu maksud saya.Terkadang, iklan tersebut di urut secara acak, namun lebih sering ditampilkan yang memang sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Ya! itu adalah strategi marketing yang di jalankan Facebook. Facebook bekerja sama dengan beberapa rekanan/promotor merk dagang. Lewat fanpage yang dibuat rekanan mereka itu, Facebook menerapkan strategi marketingnya. Facebook secara simultan mendata setiap like, share, dan klik usernya ke beberapa rekanan mereka. Dengan cara tersebut, maka Facebook memiliki semua data atas apa yang sedang anda sukai atau apa yang sedang anda cari. Mereka menandai setiap topik yang penting bagi anda saat itu. Data tersebut kemudian menjadi modal untuk menjual iklan ke pemasang iklan. Jadi ketika Adidas berkata, “kami ingin pasang iklan tentang kaos bola terbaru tapi cuma ke pembeli potensial”, Facebook pun tinggal menampilkan iklan tersebut ke pengguna Facebook yang suka like/posting/klik soal bola.

Kedepannya, banyak strategi yang akan dilancarkan Facebook untuk menarik banyak user baru. Salah satunya, mereka tidak hanya memonitor setiap aktifitas anda di Facebook, namun juga saat anda browsing. “Dalam waktu dekat, kami juga akan mengumpulkan informasi dari situs yang kamu kunjungi dan aplikasi yang kamu gunakan” ungkap Facebook lewat blog-nya. Contohnya, saat anda sedang mencari televisi model terbaru di OLX.com atau Berniaga.com, Facebook akan mendata informasi tersebut. “Berbekal informasi itu, kami bisa menampilkan iklan berupa paket pembelian atau diskon menarik seputar televisi” ungkap Facebook.

Memang langkah yang di ambil Facebook ini ada tujuannya juga untuk memudahkan kita dalam mencari informasi seputar apa yang kita inginkan saat itu. Tapi, dalam artian lain, terpikir gak kalau kita seperti di mata-matai????

Bila risih/terganggu karena gerak-gerik anda terus diikuti oleh Facebook, anda dapat mengaktifkan fitur “Do Not Track” di browser (saya menggunakan Mozilla Firefox). caranya :  Klik menu EditPreferences. Setelah jendela Firefox Preferences terbuka ,  Pilih tabmenu Privacy – Lalu checklist Option “Tell sites that I do now want to be tracked” – Ok/Close.

hapusiklanfb2

Silahkan baca beberapa petunjuk/F.A.Q Do Not Track dari Mozilla Firefox di sini : https://www.mozilla.org/en-US/dnt/

Cara lainnya adalah dengan mendisable iklan lewat situs Digital Advertising Alliance. Klik button “Choose All Companies di bagian bawah halaman website.

hapusiklanfb

hapusiklanfb1

Lanjut pilih “Facebook“. Silahkan baca beberapa ketentuan yang ada pada situs tersebut sebelum memulai eksekusi. Mungkin kalau anda punya beberapa cara yang lebih efisien lagi, silahkan sharing dimari 🙂

#Credit : http://goo.gl/prTRlw

Advertisements